Sunday, February 8, 2015

Simbol pada Karya Seni Rupa

 A. Simbol pada Karya Seni Rupa

1. Simbol Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
Karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang , lebar dan tinggi.
Perhatikan beberapa contoh karya sni rupa tiga dimensi berikut !

Pada gambar diatas tugu monas yang menjadi identitas kota Jakarta. Bentuk kobaran api dari emas Murni pada puncak monas menyimbolkan semangat juang bangsa Indonesia yang tak pernah padam. Gambar manusia terlepas dari rantai menyimbolkan kebebasan provinsi Irian barat  setelah dijajah Belanda. Patung Sultan Hasannudin yang berada di kota Makassar menyimbolkan Sultan Hasannudin yang terkenal dari kota Makassar. Patung ikan sura dan buaya yang berada di kota Surabaya menyimbolkan kota Surabaya yang memiliki legenda ikan sura dan buaya. Patung Pangeran Diponegoro merupakan simbol universitas di Semarang.
Saat ini hampir setiap kota,tempat dan sekolah atau universitas memiliki simbol. simbol tersebut dapat berbentuk dua dimensi atau tiga dimensi.

2. Menanggapi Simbol Pada Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
Jenis karya seni rupa tiga dimensi juga banyak mengandung simbol, yaitu topeng dan bangunan. Lukisan muka topeng menyimbolkan sifat topeng. Topeng badut menyimbolkan sifat jenaka atau lucu. Topeng dengan mata melotot,gigi menyeringai dan alis naik ke atas menymbolkan sifat yang jahat.
Para arsitek sering menciptakan simbol pada bangunan yang dirancangnya. Misalnya dominasi warna merah dan hiasan naga menyimbolkan kuil atau kelenteng.

B. Apresiasi terhadap Simbol pada Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
Ada 2 jenis karya seni rupa tida dimensi, yaitu dalam bentuk objek tunggal dan kelompok. Karya seni rupa tiga dimensi dalam bentuk objek tunggal biasanya hanya menonjolkan karakte objeknya. Misalnya patung - patung abstrak, patung primitif,patung pahlawan,tokoh terkenal,olahragawan,buah-buahan dan hewan. Patung abstrak temanya cukup luas dan beragam. Patung primitif,berupa patung perwujutan nenek moyang yang dianggap mempunyai kekuatan magis. Karya seni rupa tiga dimensi dengan objek kelompok biasanya memiliki tema tertentu. Misalnya monumen perjuangan,bertema kepahlawanan untuk mengenag jasa - jasa para pahlawan. Unsur-unsur yang memengaruhi keingahan bentuk karya seni rupa tiga dimensi sebagai berikut.

1. Kesatuan
Unsur rupa utama yang menentukan keindahan karya seni rupa tiga dimensi adalah kesatuan. Tanpa adanya kesatuan, keindahan karya seni rupa tiga dimensi akan sulit dinikmati dan tidak tercipta keindahan sutu karya.

2. Ritme
Ritme, baik yang tercipta karena perbedaan ukuran dan bentuk,pengulangan garis,bidang dan bentuk,juga perbedaan jarak dan ruang akan menimbulkan kesan menarik pada karya tiga dimensi, terutama dalam relief dan instalasi. Ritm akan lebih mudah terlihat pada karya berobjek kalompok.

3. Keseimbangan
Unsur keseimbangan ada 3,yaitu keseimbangan simetri,asimetri dan informal balance. Setiap keseimbangan akan menbuat bertuk suatu karya tampak bagus dengan ciri khasnya masing-masing. Keseimbangan simetri dan informal balance banyak terdapat pada karya seni rupa tradisonal. Contohnya patung,relief,dan seni ukir. Keseimbangan asimetri banyak terdapat pada karya seni rupa modern.

Latihan Soal !
jawablah soal di bawah ini..!
  1. Karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar dan  tinggi disebut karya seni rupa....
  2. Kota Surabaya memiliki simbol patung......
  3. Patung Sultan Hasannudin berada di kota....
  4. Bentuk kobaran api di puncak monas menyimbolkan semangat juang bangsa Indonesia yang tak penah....
  5. Patung Pangeran Diponegoro berada di universitas yang berada di....
Kunci Jawaban
  1.  Tiga Dimensi
  2.  Ikan sura dan buaya
  3.  Makassar
  4.  Padam
  5.  Semarang

No comments:

Post a Comment